Sabtu, 03 Juni 2023

Motret 35mm Belum Mati!


Siapa bilang hobi motret dengan kamera manual menggunakan film 35mm sudah mati? memang sudah tidak seramai dulu, namun komunitas penyuka motret tersebut masih ada. Salah satunya saya sendiri, kamera yang saya pakai untuk motret foto di atas menggunakan kamera jenis SLR (Single Lens Reflex) merk Fujica ST-701 menggunakan film Kodak Colorplus 200. Motret memakai roll film ini kita bisa lebih menghargai setiap proses pengambilan foto, karena kita tidak seenaknya langsung menghapus foto seperti motret pakai kamera digital. Lalu hasilnya pun tidak bisa langsung bisa kita lihat, karena masih menunggu proses cuci cetak foto atau dipindai ke CD.

erkenalan saya dengan fotografi adalah saat tahun pertama saya kuliah. Saya memilih UKM Fotografi waktu itu, namanya UFO (Unit Fotografi UGM). Belajar memotret dengan teori dan praktik menggunakan kamera manual dan memakai film 35mm. Awal tahun 2005 waktu saya belajar fotografi harga Rp50.000 sudah mendapatkan 1 roll film, sekarang tahun 2023 bisa 3x lipatnya. Sedang harga cuci film dan copy ke CD bisa Rp100.000. Ibarat kata untuk menghabiskan 1 roll film sampai cuci dan scan ke CD bisa mencapai total Rp250.000 – Rp300.000 tergantung jenis dan merk film yang dipakai.

Di kota-kota besar seperti Jogja atau Jakarta, fasilitas untuk motret dengan film 35mm ini masih cukup mudah ditemui. Karena saya berasal dari Jogja, Toko Central Jogja yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo adalah toko pertama yang masih bisa saya rekomendasikan. Terakhir bulan Desember 2022 saya memproses film saya disana dengan biaya Rp60.000 untuk cuci dan scan roll film.

Sedangkan untuk di Jakarta nama Soup n Film adalah satu yang bisa direkomendasikan. Bukan sekedar tempat cuci dan scan foto, namun tempat ini juga jual pernak-pernik perlengkapan kamera manual (film).

Tidak ada komentar:

Motret 35mm Belum Mati!

Siapa bilang hobi motret dengan kamera manual menggunakan film 35mm sudah mati? memang sudah tidak seramai dulu, namun komunitas penyuka m...

Cari Blog Ini