Sabtu, 09 Mei 2009

Latihan “Ngetrace”



Apa yang dimaksud ngetrace/tracing/trace ?

Sepengetahuan saya yakni mengubah gambar bitmap/hasil citra obyek dari kamera digital-foto kedalam gambar vector (cartoon like). Beberapa software/applikasi dapat digunakan, antara lain Adobe Illustrator, CorelDraw, Freehand, bahkan Flash dan PhotoShop pun bisa. Tapi dalam contoh di atas saya pilih pake CorelDraw X3.

Ada 2 cara untuk tracing, yakni :

1. Otomatis
Cara ini memanfaatkan tools yang sudah tersedia dalam applikasi tersebut. Beda istilah untuk masing2 applikasi, entah live trace/auto trace yang jelas pake trace…he..he.. Tinggal klik dan hasilnya dapat dilihat, tapi cara ini ada kelemahannya, biasanya detail dan warna yang terbentuk tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
2. Manual
Cara ini menggunakan tools layaknya orang menggambar dengan applikasi grafis (pen, line, curve, smooth, etc...). Lebih miripnya kalau orang jawa bilang ”NGEBLAB”.
Cara manual menuntut kita agar lebih sabar, teliti, agak (sedikit) kreatif, dan tentu saja tahan terhadap radiasi monitor.

Untuk lebih memudahkan tracing baiknya obyek yang akan kita trace ukurannya tidak kurang dari 2 MB. Hal ini memudahkan kita untuk memperbesar atau mencari detail suatu obyek. Takutnya obyek dengan ukuran di bawah itu jika diperbesar, sebelum kita mendapat detail obyek tersebut sudah pecah-pecah dan akan sangat menyulitkan kita.

Obyek yang agak susah untuk di-trace adalah obyek wajah manusia karena jika hasilnya tidak mirip dengan aslinya berarti anda telah ”gagal”...he..he... (arif)




-SELAMAT MENCOBA-

Tidak ada komentar: