Jumat, 24 Januari 2014

Perpanjang SIM di SIM Corner Ambarukmo Plaza (Amplaz)


Kemarin tanggal 24 Januari saya memperpanjang SIM C di Ambarukmo Plaza (Amplaz). Pas masa berlaku SIM saya habis yaitu tanggal 24. Sebetulnya agak ragu mau perpanjang SIM dimana. Apakah di Polres Bantul seperti sebelum-sebelumnya, atau di Amplaz. FYI: Polda membuka tempat khusus di pusat perbelanjaan Amplaz agar bisa mempermudah warga untuk melakukan perpanjangan SIM baik A atau C.


Sebelumnya saya sudah browsing-browsing untuk mengetahui tanggal 24 itu ada jadwal SIM Keliling tidak, kemudian teman saya ada yang menganjurkan coba ke Amplaz cepet kok. Ok, Amplaz jad alternative kedua karena pikiran saya pada waktu itu terfokus ke Polres Bantul.

Syarat untuk perpanjang masa berlaku SIM sudah dikumpulkan, yakni FC KTP dan SIM, serta Surat Keterangan Dokter (SKD). Untuk SKD saya mencari di Puskesmas dekat rumah saya. Cukup dengan membayar biaya administrasi Rp5500 sudah dapat itu SKD. Sebenarnya di tempat lokasi (Amplaz) sudah disediakan Petugas untuk mengetes kesehatan anda sebagai syarat untuk mendapatkan SKD, tapi baca-baca di blog lain biaya mendapatkan SKD di lokasi sebesar Rp 30.000.

Pikiran masih terfokus untuk memperpanjang SIM di Bantul. Tapi tiba-tiba saya putuskan untuk mencoba memperpanjang di Amplaz. Saya tarik gas kencang pakai motor takut terlambat atau sudah banyak yang antri. Tiba di Amplaz jam 9.30 tanya Satpam dimana SIM Corner, katanya di Lt. 2 di pojok. Lari ke pintu depan Amplaz dan…. “bukanya jam 10.00 Mas!”. Syukurlah tidak terlambat nunggu 25 menit lumayanlah.

Saya ketemu tetangga sekampung 2 orang juga mau perpanjang SIM dan tiba-tiba tanya 

“Mas emangnya sekarang jadwalnya untuk wilayah Bantul?”. Jreng-jreng… kaget, panik saya.
“Kalau sekarang jelas jadwalnya untuk Wonosari dan perasaan dari dulu emang dijadwal, hari ini untuk wilayah mana gtu Mas.” Imbuh tetangga saya.
“Waduh, iya po… saya gk tahu sih… tapi coba dulu deh nanti tanya. Sudah sampai disini juga mau ke Bantul jauh.” Jawab saya,

Singkat cerita akhirnya saya sampai di SIM Corner Amplaz, sudah banyak yang antri. Kemudian diawal pelayanan si Petugas menjelaskan tentang peraturan dan pelayanan di SIM Corner Amplaz. Sebelum nanti ada warga yang bertanya, makanya sama Petugas dijelaskan terlebih dulu.

Dari penjelasan petugas tadi bahwa, pelayanan SIM Corner di Amplaz merupakan perpanjangan tangan dari Polres masing-masing wilayah Kabupaten. Jadi dari warga manapun selama masih DIY bisa memperpanjang SIM di SIM Corner Amplaz. Syukurlah berarti saya bisa…

Tidak disangka saya juga bertemu teman di Unit Fotografi UGM dulu, namanya Asgan Riza. Lihat dia agak “pangleng” karena tambah “ndut”. Hahahaha… btw makasih Gan buat pijeman bolpoin.
Saya kumpulkan FC SIM dan FC KTP nanti dipanggil dan diberi formulir untuk diisi. Nah bagi kalian jangan lupa bawa bolpoin sendiri kalau tidak mau merepotkan orang lain. Setelah formulir diisi dikumpulkan ke petugas yang akan cek kesehatan anda. Tunggu panggilan nama anda ya…
Waktu itu saya sudah bawa SKD dari Puskesmas, jadi cukup saya lampirkan dan nanti tetap dipanggil oleh Petugas yang akan mengecek anda. Saya dikasih tahu sama Petugasnya seperti ini

“Mas lain kali cek kesehatannya disini saja, tidak perlu bawa dari luar (Puskesmas). Karena Mas-nya sudah bawa ya sudah untuk kali ini saya bolehkan,”

(Maksudnya apa Bu…. *ngakak) terserah saya dong Bu, lagian fungsinya sama dicek juga paling itu-itu juga lebih murah lagi.

Tahap berikutnya ke loket BRI bayar administrasi Rp 75.000 untuk perpanjang SIM C dan Rp 80.000 untuk perpanjang SIM A. Setelah bayar nunggu panggilan untuk difoto. Saya waktu itu urutan 23, yah lumayanlah dan yang penting tidak habis jumatan. Karena no. ururt 25 ke atas disuruh balik lagi karena jeda waktu untuk sholat jumat. Selesai difoto dan jreeeng… cetakan fotonya jelek banget, ada garis-garis apesnya pas kena mata saya. Hah ya udahlah yang penting SIM sudah “baru” peduli amat fotonya kek apa. Hahahaha….

 Suasana antrian di SIM Corner Amplaz

Saya jelaskan bagi teman-teman yang ingin perpanjang SIM, ini syaratnya:
1. FC SIM dan KTP
2. SIM lama dan KTP yang masih berlaku
3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Jadwal pelayanan SIM Corner di Amplaz


Sekian share saya. Makasih.

8 komentar:

Mas Ade mengatakan...

Luwih penak perpanjangan ning amplaz to Cup.. hohoho

arif nur rokhman mengatakan...

Iyo Bro... enak banget.

Mas Ade mengatakan...

Sakjane nek pingin luwih cepet meneh mung 10 menitan koe iso ning Toko Ramai cedak CFC. Ning kono yo ono SIM Corner.

Anonim mengatakan...

perpanjang SIM ya ?
kalo mutasi SIM antar kabupaten/kota
www.insanmedia.wordpress.com

aziz aziz mengatakan...

Kalo perpanjangan sim tapi telat gmna gan? Soalnya punyaku uda abis januari kmaren..

Gugung Susilo mengatakan...

Sangat membantu gan, sabtu lgsung ke tkp :)

budycool mengatakan...

wehhhh mas UCUp akhirnya punya bllog toh...oke oke aku rencana yo minggu minggu iki arep perpanjagan SIM neng amplaz broo

CaraSim mengatakan...

info menarik
bila bisa memperpanjang sim online darimana saja
terima kasih banyak artikelnya